umum

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab, Latin Dan Artinya –

farih.co.id | Doa Ziarah Kubur – Dalam agama Islam, sebagian besar umat Islam mengajarkan tentang berziarah ke makam, karena ini merupakan salah satu adab bagi seseorang yang sudah meninggal.

Biasanya umat Islam berbondong-bondong ke tempat pemakaman atau yang disebut ziarah kubur di awal dan akhir Ramadhan.

Meski sebenarnya tidak ada waktu ibadah untuk ziarah, namun karena bertepatan dengan bulan mulia, doa-doa yang dipanjatkan saat ziarah kubur mudah terkabul.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits:

مَنْ زَارَ قَبْرَ أَخِيهِ الْمُسْلِمِ فَأَنْعَشَهُ فَقَدْ أَحْيَا هُ وَك َانَ لَهُ كَفَّارَةٌ مِنْ ذُنُوبِهِ

Itu berarti : Barangsiapa berziarah ke makam saudaranya yang beragama Islam dan mendoakannya, maka dialah yang menghidupkan penggali kubur itu dan menjadi penebus dosa-dosanya.(HR. Al-Baihaqi)

Ziarah kubur adalah berziarah ke makam atau makam seseorang untuk berdoa agar Allah senantiasa memberikan tempat yang mulia. Karena doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT untuk orang yang sudah meninggal, Insya Allah akan terkabul.

Selain mendoakan seseorang yang sudah meninggal, ziarah ke makam juga bisa dijadikan pelajaran untuk merenungkan kematian. Karena kematian itu pasti, mau tidak mau, siap atau tidak, ketika kematian datang pasti mati juga.

Agar ilmu Allah tertanam dan kita terus belajar tentang cara mati yang baik yaitu seperti rambut yang dicabut dari tepung. Namun, hal sebaliknya berlaku bagi seseorang yang tidak memahami jalan menuju rumah atau kematian. Kemudian ia akan merasakan kematian yang sekeras sutra yang terkoyak dari duri.

Faktanya, orang yang selamat dari kematian adalah orang yang sering memikirkan kematian. Salah satu sarana yang tepat untuk bermeditasi tentang kematian adalah dengan berziarah ke alam kubur.

Saat berziarah ke makam, ada tata krama yang perlu diterapkan, sebagai bentuk rasa hormat terhadap saudara atau kerabat yang Anda datangi. Konon arwah yang dikunjungi sesekali akan melihat siapa yang hadir dan mendoakannya.

Pernyataan tersebut bisa saja ada benarnya karena pada dasarnya yang mati adalah jasad sedangkan jiwa tidak akan pernah mati sampai kapan pun. Dan ruh itulah yang bertanggung jawab atas segala hal baik dan buruk yang dilakukan di dunia.

Rekomendasi Pilihan Doa Ziarah Kuburan Pendek dan Panjang

Berikut beberapa pilihan mengenai shalat ziarah kubur

Setelah mengetahui tentang penjelasan ziarah kubur, berikut hadis yang bisa dijadikan dalilnya. Maka hal berikutnya yang perlu diketahui oleh seseorang yang akan ziarah kubur adalah tentang doa ziarah kubur. Salah satu tujuannya adalah untuk memuliakan ahli kubur.

Simak di bawah ini beberapa pilihan mengenai bacaan doa ziarah kubur yang bisa diamalkan:

Doa Ziarah Kubur Arab Latin dan Artinya

Untuk memudahkan masyarakat muslim dalam mengamalkan bacaan doa ziarah kubur dibawah ini, penulis rangkum dalam tulisan arab, tulisan latin beserta artinya.

Insya Allah بِـنا ، وَصَغيـرِنا وَكَبيـرِنا ، وَذَكَـرِنا وَأُنْثـانا . Insya Allah Insya Allah Insya Allah Insya Allah Insya Allah ridho Allah

Latin :

Allahummagh fir lihayyinaa wa mayyitinaa wa syaahidinaa wa ghaa’ibinaa wa shaghairinaa wa kabiarinaa wa dzakarinaa wa untsaanaa. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘alal Islam wa man tawaffaitahu minnaa fa tawaffahu ‘alal iman. Allahumma laa tahrimna ajrahu wa la tudillanaa ba’dahu.

Itu berarti :

Ya Allah ampunilah kami yang masih hidup, yang sudah meninggal, saksi kami, ketidakhadiran kami, tua dan muda kami, laki-laki dan perempuan kami. Ya Allah, siapa di antara kami yang Engkau hidupkan, biarkan dia hidup dalam Islam, dan siapa di antara kami yang kamu bunuh, biarkan dia mati dalam iman. Ya Allah, jangan hilangkan pahala kami, dan jangan menyesatkan kami setelahnya.

Doa Ziarah Kubur untuk Orang Tua

Mendoakan kedua orang tuanya merupakan kewajiban bagi seorang anak baik yang masih hidup, apalagi yang sudah meninggal. Sebab salah satu amalan atau amal yang tidak ada habisnya meski sudah meninggal dunia adalah doa anak yang shaleh.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Itu berarti :

Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah segala amal shalehnya kecuali tiga hal, yaitu sodakohjariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak-anak shaleh yang mendoakannya.” (HR Muslim).

Doa ziarah kubur bagi orang tua adalah sebagai berikut:

Doa Ziarah Kubur untuk Orang Tua Pendek

Tuhan memberkatimu ي صَغِيرًا

Robbi ghfir lii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaniy shaghiro.

Itu berarti :

“Ya Tuhan, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan kasihanilah mereka seperti yang mereka ajarkan kepadaku ketika aku masih kecil.”

Doa Ziarah Kuburan Panjang untuk Orang Tua

Tuhan memberkatimu Insya Allah pesan َا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَا Tuhan memberkatimu Insya Allah, Tuhan Insya Allah Insya Allah النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

“Allahummaghfìrlahu perang hamhu wa ‘aafìhii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi’ madholahu, waghsilhu bil maa’i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi.” “Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzhu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fì qabrihi wa nawwir lahu fihi.”

Itu berarti :

“Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Beri dia keamanan dan maafkan dia. Beri hormat padanya, perluas tempat masuknya. Mandikan dia dengan air, es, dan embun. Bersihkan dia dari kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan pakaian putih dari kotoran. Gantikan baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkan dia ke surga, berikan dia perlindungan dari siksa kubur dan siksa neraka. Berikanlah tempat baginya dalam kuburnya dan berilah pencerahan padanya di dalamnya.” (HR.Muslim).

Doa Ziarah Kuburan Singkat Sesuai Sunnah Yang Diajarkan Rosulullah SAW

Selain dua doa di atas, ada juga doa ziarah kubur yang bisa diamalkan, yaitu doa ziarah kubur singkat sesuai sunnah.

Doa ini sangat mudah dibaca dan dihafal sebagai amalan ketika ingin melaksanakan ziarah kubur, baik untuk orang lain maupun keluarga terdekat.

Bacaan doa ziarah kubur singkat menurut sunnah dapat dilihat dibawah ini:

Tuhan memberkati

Latin: Allahummagh fìrlahu perang hamhu wa ‘aafìhii wa’fu anhu

Itu berarti :

Ya Allah, berilah dia ampunan dan rahmat, berilah dia keselamatan dan ampunilah dia

Doa Ziarah Kuburan Umum

Saat Anda pergi ke pemakaman atau berziarah ke makam orang lain, Anda cukup berdoa untuk kebaikannya, dan doa Anda akan terkabul.

Atau bisa juga membaca doa seperti dibawah ini:

Insya Allah, Insya Allah, Insya Allah, Insya Allah, Insya Allah ونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Latin :

Assalamu’alaikum dara qaumin mu’miniin wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya-Allahu bikum lahiqun.”

Itu berarti :

Assalamualaikum, Wahai tempat bersemayamnya orang-orang yang beriman. Telah datang janji Allah kepadamu yang besok ditunda, dan kami insya Allah akan mengikutimu.

Sholat di makam NU

NU merupakan salah satu ormas Islam yang membolehkan ziarah kubur. Ingin tahu seperti apa bacaan doanya, simak dibawah ini.

Ridho Allah ً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سًبْحَانَ رَبَّكَ رَبِّ الِْزَّةِ عَ مَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ ع لَى سَيِّدِنَ ا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْ حَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْ عَلَمِيْنَ. Insya’Allah…

Latin :

Robbana aatina fid dunya hasanah, wafil aakhiroti hasanah, waqinaa ‘adzaa bannaar. Subhana robbika robbil’ ‘izzati ammaa yasifuun, wasalaamun ‘alal mursaliin. Washolallahu ‘alaa sayyidina muhammd wa’alaaalihii, wasohbihi wasallim wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Itu berarti :

Rabbana atina fid dunia hasanah, wa fil Akhirati Hasanah, wa qina adzaban nar. Subhana rabbika rabbil izzati an ma yashifuna, wa salamun alal mursalina, wa shallallahu ala sayyidina, Muhammadin, wa alalalui, wa shahbihi, wa sallama, wal hamdulillahi rabbil alamin. Al Fatihah.

Adab ziarah kubur menurut sunnah

Setelah mengetahui beberapa bacaan doa ziarah kubur tentunya Anda ingin mengamalkannya. Namun cara mengamalkannya adalah dengan pergi ke kuburan terlebih dahulu atau yang disebut dengan ziarah kubur.

Terkait ziarah kubur, ada tata krama yang perlu Anda ketahui agar tetap bisa memberikan kebaikan kepada orang yang sudah meninggal.

Di bawah ini adab-adab ziarah kubur menurut sunnah.

Doa untuk Ahli Kuburan

Tentunya adab yang pertama kali dilakukan oleh seseorang yang sedang berziarah ke makam adalah mendoakan ahli kubur. Meski yang dituju hanya satu kuburan, namun akan banyak kuburan lain di tempat tersebut. Maka Insya Allah dengan ridha para ahli kubur, setiap orang akan mendapat secercah kebaikan dari doa ini.

Beberapa doa ziarah kubur yang disebutkan di atas dapat dibaca atau dimasukkan dalam doa-doa umat muslim dan muslimah. Seperti Allahummaghfir lismuslimiina wal muslimat.

Mengirim Salam

Adab orang yang berziarah ke makam berikutnya adalah memberi salam kepada penghuni makam. Pada dasarnya di dalam alam kubur, ruh mendengar dengan sangat peka, sehingga ketika ada yang memberi salam maka salam tersebut didengar oleh penghuni alam kubur.

Namun manusia yang hidup tidak mengetahui hal ini, dan hanya orang-orang tertentu saja yang diberitahu oleh Allah SWT mengenai hal ini.

Tafakur

Adab selanjutnya adalah berdoa kepada Allah ketika berada di area pemakaman, karena sekarang yang ditanam adalah orang lain. Namun belum tentu nanti, besok atau lusa menunggu giliran untuk ditanam juga.

Sehingga dengan menggunakan metode kontemplasi ini Anda tidak lagi berpikiran negatif terhadap ahli makam, melainkan belajar memperbaiki persiapan sebelum dikuburkan.

Penutupan

Demikianlah ulasan artikel yang membahas mengenai Sholat Ziarah Kubur secara lengkap dan banyak pilihan Sholat yang bisa diamalkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, baik bagi penulis maupun bagi siapapun yang membaca dan menerapkan isinya. Wallahu A’lam…

Baca juga:

✅DownlOad👉🟪 CLICK HERE TO WATCH LINK

Back to top button