umum

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah Secara Alami dan Cepat






Cara menghilangkan lebam di wajah secara alami dan cepat
















Lewati ke konten

Pimnas-pkn.id – Ada berbagai cara menghilangkan jerawat yang bisa Anda coba. Beberapa metode bahkan menggunakan bahan-bahan alami, namun ada juga yang menggunakan perawatan tertentu.

Kondisi bruntusan seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Masalah ini mirip dengan jerawat dan mata panda, bisa menyebabkan seseorang kurang percaya diri karena penampilannya terganggu.

Secara umum jerawat sebenarnya merupakan bentuk awal dari jerawat dan biasanya terdapat di area wajah seperti pipi, dagu, dahi atau dahi. Bruntusan seringkali ditandai dengan permukaan kulit yang kasar seperti pasir karena adanya benjolan kecil berwarna kemerahan. Benjolan ini muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri.

Kondisi bruntusan diketahui tidak berbahaya, namun memerlukan pengobatan untuk mampu meningkatkan kembali rasa percaya diri Anda terhadap penampilan. Lalu seperti apa proses menghilangkan memar? Apakah sulit untuk dilakukan? Berikut ini Pimnas-pkn.id rangkum cara penanganannya, termasuk penyebab timbulnya jerawat.

Penyebab Kemunculan Bruntusan

Cara menghilangkan jerawat secara alamiCara menghilangkan jerawat secara alami

Seperti yang telah disebutkan di awal, jerawat bisa muncul akibat tersumbatnya pori-pori oleh sebum (minyak) berlebih, sel kulit mati, atau bahkan bakteri. Namun penyebab ini bukanlah satu-satunya penyebab kemunculannya.

Ada beberapa faktor lain yang juga bisa memicu seseorang mengalami pendarahan. Berikut rangkuman penyebab bruntusan dari berbagai sumber.

  • Menekankan
  • Kurang tidur
  • Penggunaan produk kecantikan yang bahannya berbahan dasar minyak
  • Kulit kering
  • Tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup
  • Penggunaan produk kecantikan anti jerawat secara berlebihan
  • Kontak dengan benda kotor
  • Merokok
  • Ada perubahan hormonal
  • Masa pubertas
  • Kurang bersih saat membersihkan wajah
  • Alergi
  • Pola makan yang tidak sehat

Dengan mengetahui penyebab jerawat, Anda bisa mengetahui kebiasaan apa saja yang bisa mengawali kemunculannya. Anda juga bisa lebih mengantisipasi masalah-masalah tersebut di kemudian hari.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bruntus

Menghilangkan jerawat kini bukan lagi hal yang sulit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bahan-bahannya juga banyak yang alami dan mudah didapat. Namun ada juga yang lebih memilih menggunakan cara medis karena ingin mendapatkan hasil yang cepat.

Nah, agar Anda tak semakin penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat, berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba. Simak pembahasannya di bawah ini.

Gunakan Es Batu

Siapa sangka es batu ternyata bisa membantu menghilangkan ruam yang muncul di wajah? Sifat dingin yang dimiliki es batu diketahui dapat meredakan iritasi atau peradangan seperti memar. Namun, efeknya bisa hilang dengan cepat,

Namun cara ini tidak bisa dilakukan dengan meletakkan es yang bersentuhan langsung dengan kulit. Lebih disarankan untuk membungkusnya terlebih dahulu dengan kain tipis agar kulit tidak kaget dengan sensasi dinginnya.

Setelah dibalut, Anda bisa langsung mengompres bagian kulit yang bermasalah menggunakan es batu. Lakukan selama satu menit. Tips ini bisa Anda praktikkan setelah membersihkan wajah.

Menggunakan Teh Hijau

Teh, khususnya teh hijau, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Masalah jerawat pun bisa dibantu dengan penggunaan teh hijau.

Rupanya hal ini dikarenakan teh jenis ini mengandung flavonoid dan tanin yang mampu melawan peradangan atau iritasi serta bakteri penyebab jerawat. Selain itu juga tinggi antioksidan sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat.

Caranya sendiri cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan teh hijau tersebut ke wajah Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung teh hijau untuk membersihkan wajah dari kotoran.

Cara menghilangkan memar dengan masker madu

Selain teh hijau, madu juga kaya manfaat untuk kesehatan kulit. Bahan ini sering dipercaya dapat membantu mengatasi masalah jerawat, flek hitam, dan mata panda.

Kini madu juga diklaim bisa membantu menghilangkan jerawat di wajah. Madu sendiri mengandung antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi yang dipercaya mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa mengolahnya menjadi masker untuk mengatasi jerawat. Cara membuatnya sebagai berikut.

  • Campurkan 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis hingga menjadi pasta
  • Bersihkan wajah lalu oleskan masker
  • Biarkan selama 10-15 menit
  • Bilas wajah Anda sampai bersih
  • Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal

Gunakan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Ini sebenarnya adalah minyak esensial. Mengandung sifat antibakteri dan anti inflamasi yang dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan jerawat. Tak heran jika minyak ini banyak ditemukan pada produk kecantikan.

Berikut cara menghilangkan jerawat di wajah menggunakan tea tree oil.

  • Campurkan 1 sdt minyak pohon teh dengan minyak kelapa atau minyak almond
  • Celupkan bola kapas bersih lalu oleskan pada area wajah yang bermasalah
  • Lakukan proses ini 1-2 kali sehari

Namun cara ini dapat menimbulkan efek samping, terutama bagi orang yang alergi terhadap minyak esensial tersebut. Efeknya bisa menimbulkan iritasi. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa reaksi pada kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini.

Gunakan Mentimun

Tak hanya dikonsumsi sebagai makanan, timun juga memiliki banyak khasiat untuk membantu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat. Pasalnya, mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang mampu menenangkan kulit yang teriritasi.

cara menghilangkan jerawat di wajahcara menghilangkan jerawat di wajah

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat di wajah secara alami menggunakan timun? Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Berikut cara membuatnya.

  • Siapkan 1 buah timun lalu haluskan hingga menjadi pasta encer
  • Pisahkan sari mentimun menggunakan saringan
  • Bersihkan wajah lalu oleskan jus mentimun pada kulit yang bermasalah
  • Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin hingga bersih

Menggunakan Kunyit

Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi jerawat di wajah. Bumbu berwarna kuning ini diketahui memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang dipercaya dapat membantu meredakan masalah kulit berjerawat.

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai masker yang dioleskan pada wajah. Berikut panduan membuat masker kunyit.

  • Siapkan bubuk kunyit dan madu lalu campurkan bahan-bahan tersebut hingga menjadi pasta
  • Oleskan masker ke wajah Anda
  • Biarkan selama 10 menit
  • Bilas menggunakan air hangat
  • Setelah itu, Anda bisa melanjutkan penggunaan produk perawatan seperti biasa.

Cara menghilangkan jerawat yang satu ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki masalah kulit seperti alergi. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa reaksi kulit terlebih dahulu.

Jika kulit tidak menunjukkan reaksi tertentu, maka lanjutkan cara ini. Namun jika menimbulkan rasa gatal dan iritasi, segera hentikan dan konsultasikan ke dokter bila perlu.

Menggunakan Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya kaya akan manfaat terutama untuk kesehatan kulit. Tanaman ini dikenal sebagai obat luka bakar.

Namun, Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan tanaman lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur yang mampu menghambat tumbuhnya jerawat dan komedo.

Untuk menghilangkan jerawat secara alami menggunakan lidah buaya, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area yang bermasalah. Namun, pastikan area wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sedangkan untuk gel lidah buaya, Anda bisa menggunakan gel siap pakai atau gel berbahan dasar lidah buaya alami.

Bersihkan Wajah Anda dengan Benar

Membersihkan kulit wajah dengan baik juga dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah. Pasalnya, membersihkan wajah secara menyeluruh dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Namun, membersihkan wajah bukan berarti sekadar mencuci muka dengan sabun. Anda disarankan untuk melakukan pembersihan ganda atau metode pembersihan berlapis.

Cara ini bisa dilakukan dengan membersihkan wajah menggunakan milk cleanser atau air misel kemudian dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu mencuci muka. Hal ini dilakukan agar kotoran dapat dibersihkan secara maksimal.

Rutin Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah menjadi pilihan selanjutnya untuk mengatasi jerawat. Eksfoliasi merupakan tahapan perawatan kulit dengan menggunakan produk khusus atau scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan mencegah munculnya jerawat. Selain itu, eksfoliasi juga bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah dengan aman.

Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah secara rutin, bahkan 2-3 kali dalam seminggu. Namun, pastikan kulit wajah Anda tidak terdapat jerawat aktif saat melakukan eksfoliasi. Sebab, hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit.

Menjaga Kebersihan Kulit

Masalah kebersihan kulit merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan ketika ingin mengatasi jerawat kotor. Sebab kulit yang kotor dapat menyebabkan munculnya jerawat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membersihkan kulit wajah sebelum dan sesudah beraktivitas. Selain itu, jangan sembarangan menyentuh wajah untuk mencegah bakteri menumpuk di kulit sehingga menimbulkan masalah pada kulit.

Minum banyak air

Minum air putih merupakan cara termudah menghilangkan jerawat di dahi secara alami. Dengan minum air putih yang cukup, hal ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Apalagi salah satu penyebab timbulnya ruam adalah kulit kering atau kurangnya asupan air dalam tubuh. Disarankan untuk minum air putih sekitar dua liter sehari, diimbangi dengan pola makan sehat, untuk mengoptimalkan pengobatan ruam di area wajah.

Menggunakan Salep Antibiotik

Selain cara menghilangkan jerawat secara alami, Anda juga bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan produk dokter untuk mengobatinya. Salah satu produk yang dapat diberikan adalah salep antibiotik. Biasanya ini digunakan untuk memar yang meradang.

Salep ini nantinya berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit yang dapat menyebabkan timbulnya breakout dan jerawat. Bahkan salep pun bisa meredakan kemerahan dan peradangan. Diketahui, penggunaan salep antibiotik umumnya dibarengi dengan produk yang mengandung benzoil peroksida guna mencegah resistensi antibiotik.

Akhir kata

Bruntusan yang merupakan cikal bakal timbulnya jerawat merupakan masalah kulit yang mengganggu penampilan. Tapi tidak perlu khawatir. Sebab saat ini sudah banyak cara menghilangkan jerawat di wajah.

Bahan-bahan yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari bahan alami hingga produk dokter. Pastikan untuk melakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, mau mulai dari arah mana dulu? Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba!

Baca juga:

✅DownlOad👉🟪 CLICK HERE TO WATCH LINK

Check Also
Close
Back to top button